Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Injak Kecoa, Isi Perutnya Mengandung Cacing yang Sangat Berbahaya!

Jika Anda melihat kecoa di dalam rumah, jangan dipukul sampai mati, walaupun perut kecoa berada di luar.

Di dalam perut kecoa diduga cacing lunak atau lunak tetap hidup meskipun berada di luar tubuh kecoa. Ketika cacing ini keluar dari tubuh kecoa, ia bergerak mencari tempat dan mencari induk baru.

Cacing ini sangat pendek, lembut dan halus serta akan terlihat dengan mata telanjang jika jarak penglihatan sekitar 10-20 cm.

Jangan Injak Kecoa, Isi Perutnya Mengandung Cacing yang Sangat Berbahaya!

Untuk melihat cacing ini, Anda bisa meletakkan bagian dalam kecoa di atas kertas hitam atau di cermin, di mana Anda bisa melihat pergerakannya.

Sangat berbahaya cacing ini menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki) karena bisa masuk melalui pori-pori kulit atau bila terdapat luka terbuka di kulit luar.

Tentunya jika melihat pergerakan kecoa ini dari tempat yang kotor, mungkin saja sisa-sisa makanan yang telah menjadi cacing dan cacing dari sampah di depan rumah yang belum diambil oleh petugas kebersihan, atau dari yang kotor. Dengan pintu di belakang rumah, atau dari bukaan toilet, dia bisa keluar karena kecoak suka tempat kotor.

Hal yang sama berlaku untuk lalat. Padahal, menurut beberapa sumber, lalat merupakan vektor dari banyak penyakit, sama seperti kecoa.

Tentu saja, cara terbaik untuk membasmi kecoak hanya dengan menggunakan semprotan pengusir serangga, yang membunuh kecoak tanpa harus mengenai perutnya.

Menjaga kebersihan sangatlah penting. Sering-seringlah menyeka lantai rumah Anda dengan cairan antibakteri. Kemudian biasakan makan dengan tangan kita, jadi tangan harus dicuci bersih.

Maka makanan apa pun di dalam rumah, bahkan buah-buahan, harus ditutup. Karena kecoa dan lalat bisa menyentuh makanan dan buah-buahan tersebut. (*)

11 fakta kecoak yang bikin merinding

Dokter. Jim Fredks, ahli serangga dan ahli kesehatan lingkungan di Virginia, AS, mengungkap fakta tentang kecoa.

Menurutnya, kecoa merupakan hewan yang paling adaptif di berbagai lingkungan dan kondisi. Risiko kesehatan yang disebabkan oleh kecoa tidak terhitung banyaknya.

Dokter. Jim Fredks juga telah mengungkapkan beberapa fakta yang mungkin tidak Anda ketahui yang membuktikan bahwa kecoa adalah hewan yang sangat kejam. Inilah 11 fakta unik kecoa yang harus Anda ketahui!

1. Kecoak dikenal sebagai satu-satunya hewan kecil yang dapat bertahan hidup bahkan dari bom nuklir

Kecoak adalah salah satu dari sedikit hewan purba yang berhasil bertahan dari berbagai seleksi alam yang menyebabkan kepunahan, dan hewan ini telah berevolusi berkali-kali menjadi lebih tangguh dan sulit dibunuh.

2. Kecoa diperkirakan berasal lebih dari 280 juta tahun yang lalu dan merupakan hewan yang makan hampir apa saja (asalkan bisa dimakan)

Diketahui bahwa kecoak telah ada sejak lama, khususnya pada periode Karbon, sekitar 280 juta tahun yang lalu. Jangkrik cenderung memprioritaskan makanan organik yang dapat mereka temukan di sekitar mereka, jika tidak, mereka akan memakan hampir semuanya.

3. Total ada lebih dari 4000 spesies kecoa yang tersebar di seluruh dunia

Mulai dari ukuran yang berbeda, hingga gaya yang berbeda, kecoak dibedakan antara yang bisa terbang dan yang tidak.

4. Kecoa adalah serangga berdarah dingin yang bisa hidup tanpa makanan selama sebulan

Namun, tanpa air, mereka hanya bisa bertahan selama satu minggu. Perbandingan antara kebutuhan makan dan minum hampir sama dengan hewan lainnya.

5. Kecoak bisa hidup sampai seminggu tanpa kepala, karena sistem peredaran darahnya terbuka

Kecoak dapat bernapas melalui lubang-lubang kecil di setiap bagian tubuh, dan mereka tidak bergantung pada mulut atau kepalanya hanya untuk bernapas.

Alasan mereka meninggal karena tidak punya mulut karena tidak bisa minum air.

6. Kecoa bisa menahan nafas selama 40 menit

7. Kecoak dapat bergerak dengan kecepatan hingga 4 kilometer per jam

Artinya kecoa dapat menyebarkan kuman dan bakteri di sekitar rumah dengan sangat cepat.

8. Kecoa muda bisa berjalan dengan kecepatan yang sama dengan kecoa dewasa

Kecepatan kecoa ini hampir sama bahkan satu hari setelah menetas.

9. Kecoa terbesar di dunia hidup di Amerika Selatan

Kecoa yang dikatakan seukuran kaca ini memiliki panjang 15 cm dan lebar sayap 30 cm. Dapatkah Anda membayangkan bertemu dengan kecoa jenis ini?

10. Kecoa dapat menahan suhu ekstrim, terutama dingin

Pada suhu beku atau 0 ° C, kecoa mampu melanjutkan metabolisme normalnya di dalam tubuhnya.

11. Kecoak menghabiskan 75% waktu hariannya untuk beristirahat

Seperti makhluk hidup pada umumnya, sel-sel tubuh diperbarui saat istirahat. Kecoak menghabiskan 75% waktunya untuk beristirahat.

Jika Anda berniat membasmi kecoak berkeliaran atau bahkan bersarang di rumah Anda, para ahli di bidang ini menyarankan Anda untuk menutup rapat makanan Anda dan menyimpannya dengan benar.